INFO: Program MSIB Batch 5 Sedang Berlangsung

Mahasiswa dapat mengembangkan sebuah proyek berdasarkan topik khusus dan dapat dikerjakan bersama dengan mahasiswa lain. Pelaksanaan proyek independent wajib dibimbing oleh seorang atau lebih dosen atau pengajar pembimbing.

Deskripsi

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Oleh karena itu, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiwa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan) kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakikatnya dapat dilakukan setiap mahasiswa di level perguruan tinggi yang dituangkan dalam studi/proyek independen.

Studi Independen ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa baik individu/kelompok untuk menyampaikan gagasan/ide/pemikiran dan dalam proses pelaksanaannya dihasilkan output berupa gagasan, video, prototipe, desain, konsep, produk teknologi/seni dan berbagai hal lainnya. Kegiatan ini diharapkan memunculkan kemandirian, kreativitas, inovasi dan softskill lainnya yang mendukung kompetensinya sehingga menjadi lulusan Unpad yang bermanfaat bagi masyarakat.

Studi/Proyek Independen dapat menjadi pelengkap atau pengganti mata kuliah yang harus diambil. Ekuivalensi kegiatan studi independen ke dalam mata kuliah dihitung berdasarkan kontribusi dan peran mahasiswa yang dibuktikan dalam aktivitas di bawah koordinasi dosen pembimbing.

tujuan

Tujuan implementasi Kegiatan Studi Independen pada Program Kampus Merdeka adalah:

  1. Mewujudkan gagasan mahasiswa dalam mengembangkan produk inovatif yang menjadi gagasannya
  2. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset dan pengembangan (R&D)
  3. Memberikan dukungan, penguatan, dan pendampingan pelaksanaan program prioritas dalam implementasi kerjasama kemitraan berbasis riset dan pengembangan (R&D)
  4. Meningkatkan prestasi mahasiswa dalam ajang  nasional dan internasional
  5. Mempercepat difusi teknologi dan manajemen dari masyarakat perguruan tinggi ke masyarakat
  6. Membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial; membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan bermasyarakat.

FAQ

Frequently Ask Questions

Pertanyaan Umum tentang Studi Independen

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Terdapat di laman detil aktivitas masing-masing kegiatan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka

Mahasiswa dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang terdaftar pada PDDikti dapat mengikuti program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka.

Mahasiswa dari semua jurusan pada jenjang D3 & S1 dapat mengikuti program Magang Bersertifikat dengan persetujuan dari Perguruan Tinggi masing-masing.

Mahasiswa akan diseleksi secara Administratif dan Akademik oleh mitra magang.

Program Magang Bersertifikat akan berlangsung selama 1 hingga 3 semester.

Kegiatan merdeka belajar selama 1 semester disetarakan dengan 20 SKS. Duapuluh SKS tersebut dinyatakan dalam bentuk kompetensi yang diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti program tersebut, baik dalam kompetensi keras (hard skills), maupun kompetensi halus (soft skills) sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan.

Mahasiswa bebas mendaftar pada lowongan magang yang diminati dan sesuai dengan arah capaian yang diinginkan.

Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus selama tidak mengganggu tanggung jawab pekerjaan (di luar jam dan hari kerja).

Penilaian dalam pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dilakukan selama kegiatan berlangsung (penilaian proses) dan akhir kegiatan berupa laporan kegiatan belajar (penilaian hasil). Penilaian dalam proses dilakukan dengan cara observasi (kepribadian dan sosial) sebagai teknik utama. Sedangkan penilaian hasil dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program dengan menggunakan laporan yang dibuat dan dipresentasikan oleh mahasiswa. Penilaian dilakukan oleh pendamping dari Pihak Ketiga (mitra magang) dan dosen pendamping di Perguruan Tinggi.

Saat ini Kampus Merdeka  membatasi apply 22 kuota dari jumlah lowongan yang dapat didaftarkan oleh mahasiswa dan akan berbeda di setiap semester.

Pendaftaran program Magang untuk Semester Ganjil TA 2023/2024 akan dibuka di bulan April sampai Juni 2023

Program Magang Bersertifikat hanya berlaku untuk kegiatan magang di ruang lingkup mitra kerja sama Kampus Merdeka.

Vision

Our Great Vision & Mission

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus. Luctus amet dolor ipsum.

Education

Lorem ipsum dolor sit amet

Research

Lorem ipsum dolor sit amet

Community

Lorem ipsum dolor sit amet

Management

Lorem ipsum dolor sit amet